ma JUMBARA NASIONAL DI GORONTALO:
.......:::::::SELAMAT DATANG DI BLOG RELAWAN MASA DEPAN:::::::....... PALANG MERAH REMAJA SMP NEGERI 207 SSN JAKARTA...... SALAM KEMANUSIAAN

JUMBARA NASIONAL DI GORONTALO

Jumbara Nasional yang digelar PMI dan libatkan ribuan anggota Palang Merah Remaja (PMR), juga melaksanakan 22 lomba dan berbagai kegiatan kampanye untuk masyarakat di Gorontalo, sepanjang 4-9 Juli 2011.

Semua kegiatan dikemas dalam tiga bagian besar, yaitu Jumpa, Bakti, dan Gembira. Seluruhnya ada sekitar 22 lomba yang dilaksanakan dalam acara ini. Seluruh peserta yang berjumlah 2.200 dari 32 kontingen se-Indonesia ini akan dilibatkan di semua kegiatan.

Dalam bidang Jumpa, para anggota PMR ikut dalam lomba traveling kepalangmerahan, informasi dan komunikasi, kreasi remaja, cerdas cermat, dan lokakarya. Untuk bidang Bhakti, mereka akan mengikuti aksi penanaman pohon produktif, Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), penyuluhan kebersihan dan donor darah, kesiapsiagaan bencana, dan bakti sosial ke beberapa panti jompo.

Sedangkan untuk bidang Gembira, para peserta ikut dalam lomba paduan suara, teater kemanusiaan, pentas seni, olahraga dan outbond, anjangsana antarkontingen, kontingen favorit, home stay, pameran dan bazaar, wisata dan tempat bersejarah, dan pemilihan Putra dan Putri Remaja PMI.

“Ada yang baru dalam Jumbara Nasional kali ini. Untuk pertama kalinya dalam sejarah Jumbara Nasional, PMI menggelar lomba pemilihan Putra-Putri Remaja PMI. Lomba ini diharapkan menjadi sarana untuk mendapatkan kader terbaik PMI yang nantinya akan bertugas sebagai tim promosi dan kampanye program berbagai kegiatan PMI,” ucap Koordinator Bidang Gembira, Aswi Reksaningtyas dalam acara Jumbara Nasional di Bumi Perkemahan Lomboto, Kabupaten Gorontalo.

Bagi PMI, kegiatan berskala nasional ini bukan cuma menjadi ajang kompetisi semata untuk setiap PMI daerah. Beberapa lomba dilaksanakan di puluhan sekolah dan di area pemukiman penduduk. Khusus untuk kegiatan UKS, dilaksanakan di 11 sekolah SD, SMP, SMA, dan Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten dan Kota Gorontalo. Acara bakti sosial ke panti jompo juga dilakukan di Limboto dan Kota Gorontalo. Kampanye kesiapsiagaan bencana dan aksi penanaman 1.200 pohon juga telah dilaksanakan di wilayah Limboto.

“Acara ini juga menjadi sarana kampanye berbagai program PMI kepada seluruh masyarakat di Gorontalo. Semoga acara ini memberikan dampak dan manfaat yang sangat positif bagi masyarakat Gorontalo dan kepada seluruh kontingen peserta Jumbara Nasional VII PMR 2011,” tegas Ketua Panitia Jumbara Nasional VII PMR 2011 Muhammad Muas.*


sumber http://www.pmi.or.id/ina/news/?act=detail&p_id=755

pesan samudra