ma PMI Kerahkan 5.000 Relawan dan Ratusan Ambulans Untuk Siaga Lebaran:
.......:::::::SELAMAT DATANG DI BLOG RELAWAN MASA DEPAN:::::::....... PALANG MERAH REMAJA SMP NEGERI 207 SSN JAKARTA...... SALAM KEMANUSIAAN

PMI Kerahkan 5.000 Relawan dan Ratusan Ambulans Untuk Siaga Lebaran


PMI kerahkan 5.000 relawan dan 100 orang dokter dalam layanan Siaga Lebaran (Idul Fitri) 1432 H. Aksi ini dilengkapi dengan 300 unit ambulans dan 350 pos pertolongan pertama yang disiagakan di ruas-ruas strategis jalur mudik dan rawan kecelakaan di wilayah Jawa, Sumatera dan Bali.
“Ambulans dan pos pertolongan pertama PMI ditempatkan di lokasi strategis sepanjang jalur mudik dan lokasi rawan, seperti terminal bus, stasiun kereta api, pelabuhan dan tempat wisata. Pelayanan ini juga akan didukung oleh 5.000 ribu relawan dan 100 dokter serta paramedis mulai H-7 dan H+7,” kata Ketua Pengurus Bidang Kesehatan dan Donor Darah Markas Pusat PMI Dr. dr Farid Husain Sp K.Bd.
Pos pertolongan pertama ini di antaranya tersebar di wilayah Jawa (Banten 23 pos, Jawa Barat 44, Jawa Timur 118, Jawa Tengah 36, DKI Jakarta 17 dan DIY 22), Sumatera (Bengkulu 2, Aceh 5, Sumatera Selatan 16, Kepulauan Riau 4, dan Lampung 7 dan Riau 18) dan Bali 8 pos. 
Selain ambulans darat, PMI juga menyiagakan 2 unit ambulans udara yang dikhususkan untuk pelayanan di jalan tol. Ambulans udara berupa helikopter ini akan melayani di empat rute jalan tol, yaitu Jakarta-Merak, Jakarta-Cikampek, Jakarta-Ciawi (Bogor), dan Jakarta-Cilenyi (Bandung). Melalui ambulans udara, pasien dan korban kecelakaan yang membutuhkan akan dirujuk ke Rumah Sakit Eltaham Karawang dan RS Gatot Subroto Jakarta.  
Terkait siaga lebaran ini, Ketua Umum PMI Jusuf Kalla melepas armada ambulans beserta relawan dan personil medis dalam Apel Siaga Lebaran di Silang Monumen Nasional (Monas) pada Kamis (25/8). Sebanyak 630 relawan termasuk kru medis dan personil helikopter beserta 36 unit ambulans, 2 unit ambulans udara dan 17 mobil donor darah diturunkan dalam apel ini. Apel siaga lebaran ini juga ditandai dengan simulasi penanganan kecelakaan lalu lintas oleh personil ambulans PMI.
Sebagai bagian dari kesiapsiagaan PMI selama arus mudik dan arus balik lebaran, PMI turut menyiagakan mobil unit donor darah dan gerai-gerai donor darah yang ada di mal dan kampus di Indonesia. Untuk mendukung siaga lebaran ini, PMI menerima 20 unit mobil Unit Donor Darah dari sejumlah donatur, yaitu PT. Mahakam Sumber Jaya, PT. Sidomuncul, PT. Bosawa, Palang Merah Hong Kong, Alfamart, Budha Suci dan TV One.*
(Dok. Foto Oleh Anggun Permana, Biro Humas Markas Pusat PMI)

pesan samudra